Social Icons

Wednesday, July 24, 2013

Harga Bawang Merah Masih Tinggi


Stok Sembako Aman

PUMA Kendari: Menjelang hari raya Idul Fitri, stok sejumlah kebutuhan pokok diklaim masih aman. Berdasarkan hasil evaluasi harian Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindahkop) Kota Kendari, hingga 14 Ramadhan, sembako belum mengalami kekurangan. Bahkan diprediksi masih bertahan hingga usai lebaran.
   
Stok beras, kata Kadisperindagkop Syam Alam masih bertahan hingga 3-4 bulan kedepan, sementara gula dan tepung terigu masih tersedia hingga 1-1,5 bulan kedepan termasuk minyak goreng. Harganyapun kata dia, masih stabil.
   
Meski demikian, untuk komoditas lain seperti bawang merah, sayur mayur dan daging sapi, hingga kemarin harganya masih melambung. Belum ada penurunan sama sekali. Bawang merah yang beberapa waktu lalu bisa diperoleh dengan harga Rp 60 ribu per kg, masih bertahan dengan harga Rp 80 ribu per kg, minyak goreng isi 5 liter yang harga awalnya Rp 57 ribu juga naik menjadi Rp 58 ribu. Daging sapi naik dari Rp 80 ribu menjadi Rp 85 ribu per kg.
   
Berbeda halnya dengan cabe merah besar dan cabe keriting yang mulai mengalami penurunan harga. Jika sebelumnya dipatok dengan harga Rp 35 ribu - Rp 40 ribu per kg, sekarang hanya berkisar Rp 25 ribu per kg.
   
"Belakangan ini yang ikut mengalami kenaikan adalah harga ayam kampung. Jika dihitung kenaikannya mencapai 20 persen sesuai dengan ukuran ayam. Itu juga karena pengaruh banjir sehingga pasokan ayam kampung dari kabupaten lain berkurang," ungkap Syam Alam.
   
Menjelang lebaran ini, kata Syam Alam, pihaknya akan terus melakukan pemantauan harga maupun stok sejumlah bahan pokok di pasaran. Itu untuk mengantisipasi agar kebutuhan masyarakat tetap terpenuhi pada momen Idul Fitri nantinya.

Sumber: kendari pos

No comments:

Post a Comment