Social Icons

Friday, July 26, 2013

Delapan Kebiasan Buruk Baik untuk Kesehatan

Beberapa kebiasaan buruk justru bermanfaat bagi kesehatan



SEMUA orang memiliki kebiasaan buruk yang terkadang sulit untuk dihentikan,  dan diterima oleh orang sekitar. Namun, sebelum Anda mencoba menghentikan kebiasaan buruk, sepertinya Anda perlu memilih mana kebiasaan buruk yang perlu Anda hentikan dan mana yang dapat Anda lakukan. Tak perlu heran, karena menurut beberapa penelitian terdapat beberapa kebiasaan buruk yang ternyata justru bermanfaat bagi kesehatan Anda, seperti yang ditulis Boldsky.

Menggigit kuku
Menurut sebuah penelitian, menggigit kuku adalah sebuah kebiasaan yang baik. Hal tersebut karena bakteri yang terdapat di kuku yang masuk ke dalam mulut dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh Anda.

Buang angin
Walaupun terkesan jorok, kebiasaan buang angin adalah kebiasaan yang sangat sehat. Saat mengeluarkan angin, Anda membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Selain itu buang angin juga cara yang tepat untuk menyembuhkan perut kembung. Jika Anda sering menahan buang angin, maka usus Anda akan menjadi sensitif yang dapat menyebabkan perut Anda mudah kembung.

Merenggangkan sendi
Merenggangkan sendi sehingga menimbulkan suara ternyata memiliki manfaat kesehatan tersendiri. Ya, hal ini akan membuat sendi-sendi Anda menjadi lebih rileks dan fleksibel. Walaupun banyak yang mengatakan merenggangkan sendi akan menyebabkan sendi menjadi lemah, namun terdapat beberapa penelitian yang menyanggah hal tersebut.

Meludah
Siapa yang tidak merasa terganggu ketika melihat seseorang meludah? Walaupun terkesan jorok, meludah ternyata baik bagi kesehatan karena membantu bernafas lebih baik. Ketika berolahraga, mulut Anda memproduksi lebih banyak saliva sehingga Anda harus membuangnya untuk merasa lebih nyaman dan bernafas lebih lega.

Tidur seharian
Memiliki waktu tidur yang melampaui waktu yang direkomendasikan, yaitu lima hingga tujuh jam dalam sehari memang membuat Anda disebut sebagai pemalas. Namun, ternyata tidur seharian seminggu sekali ternyata baik bagi kesehatan karena mampu meningkatkan memori jangka panjang Anda.

Sarapan di tempat tidur
Makan di tempat tidur termasuk hal yang tabu dilakukan. Banyak orang dewasa yang mengatakan bahwa makan harus dilakukan di meja makan. Walaupun begitu, ternyata makan di tempat tidur baik bagi pencernaan Anda karena Anda cenderung bersandar dengan bantal sehingga pencernaan saat makan dapat berjalan dengan baik.

Bersendawa
Walaupun dianggap tidak sopan, kebiasaan buruk yang satu ini mampu membantu mengeluarkan angin dari lambung dan usus Anda sehingga Anda terhindar dari nyeri di bagian dada serta kembung. Hal ini lah yang membuat siapa pun sebaiknya tidak menahan sendawa.

Mengunyah permen karet
Kebiasaan buruk yang satu ini juga merupakan hal yang seringkali dianggap tidak sopan, terlebih jika sambil berbicara dengan orang lain. Walaupun begitu, menurut beberapa penelitian, mengunyah permen karet ternyata mampu membantu meningkatkan kekuatan otak dan membuat Anda mampu menahan lapar.

Sumber: Vivalife

No comments:

Post a Comment