Social Icons

Thursday, July 25, 2013

Bantuan Banjir Menumpuk di Rujab Camat


SULTRA (Andoolo) -
Sudah sepekan lebih berlalu bencana banjir yang menimpa Konawe Selatan (Konsel). Tapi khusus di Kecamatan Laeya, bantuan bagi para korban ternyata belum disalurkan pihak kecamatan. Saat ini, bantuan dari pemerintah kabupaten melalui Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih menumpuk di rumah jabatan (Rujab) Camat Laeya. Bantuan tersebut terkesan enggan disalurkan kepada warga.
   
Masyarakat Kecamatan Laeya yang terkena musibah banjir dan longsor hanya bertahan hidup melalui sumbangan warga lainnya seperti yang coba dihimpun siswa SMUN 3 Konsel. Camat Laeya, Mustari Renggaala yang dikonfirmasi mengakui jika bantuan Dinas Sosial Kabupaten belum disalurkan. "Saat ini bantuan yang ada berasal dari perusahaan, Dinas Sosial dan beberapa anggota DPRD di Konsel masih menumpuk. Penyalurannya  terkendala data dan akses jembatan yang terputus," aku Mustari.
   
Bantuan itu sebenarnya diperuntukan bagi beberapa warga desa di Ambesea, Ambalodangge, Laeya, Puuwulo, Labokeo, Anggoroboti, Lambakara, Wonua Kongga dan Torobulu. "Penyalurannya masih terkendala akses jembatan yang terputus. Makanya saluran bantuan belum bisa dilakukan. Disamping itu data belum akurat sebab informasinya korban semakin bertambah," alasannya. Lambannya aksi Camat Laeya yang belum menyalurkan bantuan bagi warga mendapat sorotan dari Anggota Komisi III DPRD Konsel, Tasbin Tajudin. "Bantuan seharusnya segera disalurkan ke masyarakat. Ada apa pemerintah kecamatan belum menyalurkan. Tanpa didata pun kalau  korban bencana alam secara kasat mata bisa kita lihat," sindirnya.

Sumber: kendari pos

No comments:

Post a Comment