Social Icons

Wednesday, July 24, 2013

Butur Promosi Wisata Ke Mancanegra


PUMA Kendari (Butur): Sejak ramai dikunjungi wisatawan asing beberapa bulan ini, Pemkab Butur mulai gencar promosi berbagai objek wisata ke wisatawan mancanegara, yang datang berkunjung ke Butur. Pada KendariNews.Com Selasa ( 22/7), Kadis Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Buton Utara Ruslan Rahman, mengatakan Buton Utara memiliki objek wisata yang cukup lengkap baik Objek wisata Budaya, objek wisata Alam maupun Objek wisata minat khusus.

"Ada beberapa Objek wisata budaya yang bersejarah di Butur seperti beberapa buah benteng dan juga memiliki keraton dengan perangkat adat yang masih bertahan sampai saat ini. Demikian juga dengan berbagai jenis tarian tradisional yang masih hidup sampai sekarang. Ada beberapa tari tradisional yang sangat populer di Butur diantaranya i Tari Lense, Tari ngibi, alionda dan lain-lain.," jelas Kadis Pariwisata Butur ini.

Khusus objek wisata Alam di Buton Utara terdapat banyak pantai indah seperti Pantai membuku, Pantai Bone, Pulau Labuan Walanda, serta beberapa titik penyelaman yang indah. Disisi daratan juga terdapat air terjun serta kolam air panas di kecamatan Bonegunu . Kunjungan para volunteer asing tersebut juga mendapat perhatian dari Bupati Buton Utara. Drs. H. M Ridwan Zakaiah .

Menurut orang nomer satu di Butur ini ada beberapa manfaat dari kunjungan para volunter tersebut seperti memperoleh data tentang kekayaan flora dan fauna yang ada di wilayah Butur. Kemudian masyarakat akan memperoleh manfaat ekonomi dari kunjungan tersebut, juga masyarakat akan menyadari pentingnya melestarikan lingkungan. Selaian gencar mempromosikan objek wisata alam dan budaya, ketua Dekranasda Buton Utara, Ny. Dra. Hj. Muniarti M. Ridwan juga gencar mengadakan pelatihan bagi pengrajin tradisional di Buton Utara seperti pelatihan souvenir seperti kerajinan rotan, batok kelapa, kerang serta penenun tradisional.

Keindahan alam Butur ini diungkapkan Bupati Butur M Ridwan Zakariah Dalam kata sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Buton Utara, Harmin Hari, SP. M.Si. yang di damping Kabid pariwisata Ernawati Asman, pada sejumlah media di Butur Selasa ( 22/7). Kata Bupati Butur ini kedepan objek wisata di Butur merupakan salah satu sumber PAD yang mampu mendongkrak perekonomian masyarakat di Butur, ujar Bupati Butur yang dibacakan Wakil Bupati Butur Harmin Hari saat menerima rombongan wisatawan operation Walaccea di Rumah Jabatan Bupati Buton Utara.

Dan hasil dari pelatihan tersebut telah mulai dipasarkan di berbagai even pameran atau langsung kepada para turis yang berkunjung di Buton Utara, termasuk rombongan wisatawan operation Walaccea yang berkunjung ke Butur Selasa ( 22/7).

Sumber: KendariNews.com




No comments:

Post a Comment